Rabu, 26 Oktober 2016

3 Cara Berkomunikasi dengan Bayi Baru Lahir

Cara berkomunikasi dengan bayi baru lahir – berkomunikasi tentu jadi cara terbaik untuk menjalin hubungan. Tidak hanya untuk pasangan hidup. Menjalin komunikasi juga harus dilakukan seserorang dengan orang lain, tidak terkecuali antara anak dengan orang tua. Tapi bagaimana kalau anak yang Anda miliki masih seorang bayi yang tidak mengerti apa yang Anda bicarakan? Lalu, bagaimana cara berkomunikasi dengan buah hati yang masih bayi?

Berkomunikasi dengan bayi tentu tidak sama dengan berkomunikasi dengan anak usia 5 atau 7 tahun. Umumnya, mereka yang bayi tidak mengerti dengan kosakata yang kita ucapkan. Jadi, untuk berkomunikasi dengan mereka, kita perlu menerapkan beberapa cara khusus seperti yang akan dibahas di bawah ini.

Cara Berkomunikasi dengan Bayi yang Baru Lahir
1. Walaupun bayi tidak mengerti apa yang kita ucapkan, tapi Ia mengerti emosi yang kita sampaikan. Jadi, perbanyaklah tersenyum dan berikan perhatian penuh padanya

3 Cara Berkomunikasi dengan Bayi Baru Lahir


Bayi memang tidak mengerti apa yang kita ucapkan. Namun bayi mengerti emosi yang kita sampaikan lewat raut wajah. Jadi, jangan sampai memberikan emos yang negatif. Berikan Ia emosi yang positif dengan memperbanyak senyum dan perhatian padanya. Semakin Anda memberikan perhatian, semakin dekat pula kemistri antara Anda dan bayi tersebut.

2. Selain tersenyum, ajaklah bayi untuk berbicara. Walaupun Ia tidak mengerti, sedikitnya itu akan membantu memorinya untuk menangkan kosakata yang kita ucapkan


Cara berkomunikasi dengan bayi baru lahir ini tidak terpaku pada usia. Jika Anda ingin bayi Anda cepat menangkap kosakata baru, ajaklah Ia bicara seakan Ia sudah mengerti apa yang Anda bicarakan. Dengan cara ini, mereka akan mudah menangkap, merekam, serta merespon apa yang Anda katakan. Meskipun merespon tidak di sini tidak musti dengan ucapan.

Tapi perlu Anda ketahui. Selain membuat bayi lebih mudah menangkap perkataan kosakata baru, cara ini juga melatih indra pendengaran bayi. Semakin sering Anda mengajaknya berbicara, semakin baik pula perkembangan indra pendengarannya. Jadi jangan ragu untuk mengajak bayi Anda bicara. Karena semakin sering Anda bicara, semakin cepat pula Ia belajar dan merespon apa yang Anda bicarakan.

3. Cara terbaik berkomunikasi dengan bayi baru lahir adalah dengan tidak berhenti bicara padanya

Cara terbaik berkomunikasi dengan bayi baru lahir

Ingat, semakin sering Anda bicara padanya, semakin baik pula perkembangan indra pendengarannya. Dan, semakin sering Anda bicara, maka semakin cepat pula Ia merespon pembicaraan Anda. Jadi jangan ragu untuk bicara pada bayi. Ajaklah Ia bicara seakan Ia mengerti apa yang Anda bicarakan. Sebab, dengan cara ini, sedikit banyaknya bayi akan lebih mudah menangkap emosi dan kosakata baru. 

Sebab, dengan cara ini, diharapkan bayi akan lebih mudah mengerti apa yang kita bicarakan. Dan cepat atau lambat, semakin sering kita mengajaknya berbicara, bayi akan merespon apa yang kita bicarakan padanya.

Nah, itulah cara-cara berkomunikasi dengan bayi baru lahir. Cara-cara di atas umumnya diterapkan pada bayi 0 – 1 tahun. Dengan menerapkan cara di atas, diharapkan bayi akan lebih mudah untuk belajar tentang kosakata, serta mempercapat perkembangan indera pendengarannya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar